Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis

Alfauzan Ramadhanny Simangunsong

Abstract


Analisis ini perlu dilakukan agar kita mengetahui sejauh mana siswa mampu berpikir kreatif secara matematis sehingga tidak terkesan monoton dalam belajar. Khususnya dalam pembahasan geometri dan pengukuran pada sub bab kesebanguanan. Dengan tujuan memotivasi siswa untuk berpikir matematis dalam kreativitas nyata dan mengetahui kesulitan apa yang mereka hadapi ketika berpikir kreatif matematika. Dalam proses ini kami melakukan penelitian deskriptif dengan melihat hasil sampel atau jawaban responden terhadap pertanyaan terkait geometri. Dengan hasil yang kurang memuaskan karena konsep pembelajaran kurang dari awal pembelajaran.


Keywords


Analisis; Pikiran; Kreatif; Matematika.

Full Text:

PDF

References


Akmalia Nova Nur, dkk. (2016). Identifikasi Tahap Berpikir Kreatif Matematis Melalui Penerapan Model Problem Based Learning Dengan Tugas Pengajuan Masalah. Jurnal JPPM. 9 (2). 191.

Audra, P. M. (2016). Pelaksanaan Pembelajaran Matematika Dengan Penerapan Model Pembelajaran Kooporatif Tipe STAD Pada SIiswa KelasVII SMPN 31 Padang Tahun Pelajaran 2009/2010. Jurnal LEMMA. II (2). 84.

Rusman. (2014). Model-model Pembelajaran. Depok : Raja Grafindo Persada.

Simangunsong, S. W. (2007). Matematika Untuk SmP Kelas IX. Jakarta: Erlangga.

Sri, W. D. (2012). Model Pembelajaran Matematika Berbasis Pendidikan Multikultura. Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi dan Aplikasi. 1 (1). 98.

Syahri, A. A. (2013). Penerapan Model Pembelajaran Kooporatif Dengan Pendekatan Matematika Realistik Siswa Kelas VII SMP Nasional Makassar. Jurnal :UIN Alauddin. 1 (1). 41-42.




DOI: https://doi.org/10.51849/ig.v2i1.19

Refbacks

  • There are currently no refbacks.