Hubungan Antara Konsep Diri Dengan Konformitas Pada Remaja Perokok Di SMA Sinar Husni Medan

Rajaniya Aini

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara konsep diri dan konformitaspada remaja perokok. Metode dalam penelitian ini menggunakan kuantitatif. Subjek penelitian diambil dengan teknik accidental sampling. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah skala konsep diri dan skala konformitas. Analisis data menggunakan product moment. Hasil perhitungan menggunakan product moment menunjukkan korelasi π‘Ÿπ‘₯𝑦 sebesar -0,492 pada taraf signifikan p < 0,05. Artinya ada korelasi negatif yang sangat signifikan antara konsep diri dengan konformitas. Selain itu berdasarkan hasil analisis data ada hubungan yang sangat signifikan antara Konsep Diri dengan Konformitas pada Remaja Perokok di SMA Sinar Husni Medan dapat dilihat dari koefisien determinan π‘Ÿ2 sebesar 0,242 atau 24,2% yang berarti masih terdapat 75,8 pengaruh dari faktor lain terhadap konformitas. Kata kunci: Konsep Diri dan Konformitas.

Keywords


Konsep Diri; Konformitas; Remaja Perokok.

Full Text:

PDF

References


Annisa, Nova. & Handayani, Agustin. (2012). Hubungan antara Konsep Diri dan Kematangan Emosi dengan Penyesuain Diri Istri yang Tinggal Bersama Keluarga Suami. Jurnal Psikologi Pitutur. http://Jurnal.umk.ac.id// (diakses pada tanggal 29 Oktober 2015).

Arikunto, S. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Azwar, S. (2012). Penyusunan Skala Psikologi Edisi 2. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Baron, A. Robert. & Byrne, Donn. (2003). Psikologi Sosial Edisi 10, Jilid 2. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Hafiza, Dina. (2013). Hubungan antara Konsep Diri dengan Konformitas pada Siswa SMA Negeri 5 Medan. Skripsi. Fakultas Psikologi Universitas Medan Area.

Istyawati, Dyah. (2008). Persepsi terhadap Peraturan Larangan Merokok. Skripsi. program Studi Komunikasi & Pengembangan Masyarakat Fakultas Pertanian Institut Pertanian Bogor http://repository.ipb.ac.id// (diakses pada tanggal 29 Oktober 2015).

Hurlock, B. Elizabeth. Adolescent Development Fourth Edition. Psikologi Perkembangan: Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan Edisi 5. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Melinda, Endah. (2013). Hubungan antara Penerimaan diri dan Konformitas terhadap Intensi Merokok pada Remaja di SMK Istiqamah Muhammadiyah 4 Samarinda. http://ejournal.psikologi.fisip-unmul.ac.id//. (diakses pada tanggal 29 Oktober 2015).

Monks, F. J., Haditono., Knoers., dan Rahayu Siti. (2006). Psikologi Perkembangan: Pengantar Dalam Berbagai Bagiannya. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Pratiwi, Ratna Akhiroyani., Yusuf Munawir., Salmah, Lilik. Hubungan antara Konsep Diri dan Konformitas dengan Perilaku Merokok pada Remaja. Jurnal Wacana. http://jurnalwacana.psikologi.fk.uns.ac.id//. (diakses pada pada tanggal 28 Oktober 2016).

Runtukahu, C. Gretty., Sinolungan, Joshuan., dan Opod, Henry. (2015). Hubungan antara Kontrol Diri dengan Perilaku Merokok Kalangan Remaja di SMKN 1 Bitung. Fakultas Kedokteran Universitas Sam Ratulangi Manado. http://ejournal.unsrat.ac.id//. (diakses pada tanggal 27 Oktober 2015). Jurnal Biomedik.

Santrock, W. Jhon. (1996). Adolescence Perkembangan Remaja. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Sarwono, Wirawan Sarlito. (2005). Psikologi Sosial: Psikologi Kelompok dan Psikologi Terapan. Jakarta: Balai Pustaka.

Sears, O. David., Fredman, L. Jonathan, & Peplau, Anne, L. (1994). Psikologi Sosial Edisi 5 Jilid 2. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Setyani, Uni. (2007). Hubungan antara Konsep Diri dengan Intensi Menyontek pada Siswa SMA Negeri Semarang. Skripsi. Program Studi Psikologi Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro. http://eprints.undip.ac.id//. (diakses pada tanggal 30 Oktober 2015).

Sukmawati., Siswati., & Masykur, Achmad Mujab. (2009). Hubungan antara Konsep Diri degan Konformitas terhadap Kelompok Teman Sebaya pada Aktivitas Clubbing (Sebuah Studi Korelasi). Skripsi. Fakultas Psikologi Universitas Diponegoro. http://eprints.undip.ac.id//. (diakses pada tanggal 01 November 2015).




DOI: https://doi.org/10.51849/ig.v4i3.221

Refbacks

  • There are currently no refbacks.