Dinamika Kebijakan dan Kepemimpinan Pendidikan Islam di Bumi Indonesia

Abdul Rohman, Asrin Nasution, Ahmad Zordan Khalifi

Abstract


Setiap negara memiliki sistem pendidikan yang berbeda-beda demi mencerdaskan kehidupan bangsanya. Banyak kebijakan yang bervariasi digunakan dalam rangka mensukseskan sistem pendidikan, dan juga pola kepemimpinannya. Dalam pendidikan Islam pun membutuhkan tatanan serupa agar tercipta masyarakat yang tidak hanya mempelajari nilai-nilai Islam saja, akan tetapi dapat menerapkan nilai tersebut dan dapat menyampaikannya kepada yang lain. Kebijakan dan kepemimpinan dibutuhkan dalam segala ranah, termasuk pendidikan Islam. Pola kebijakan dan kepemimpinan mengalami perubahan dari tahun ke tahun mengikuti perkembangan zaman. Bukan berarti merubah sistem sebelumnya, melainkan mengevaluasi pola sebelumnya agar dapat dijadikan pijakan untuk ketercapaian tujuan pendidikan Islam di masa yang akan datang agar lebih baik lagi.

Keywords


Kebijakan dan Kepemimpinan, Pendidikan Islam, Indonesia.

Full Text:

PDF

References


Abudin Nata, Sejarah Pertumbuhan dan perkembangan lembaga-lembaga Pendidikan Islam di Indonesia (Jakarta, Salemba Humanika, 2017)

Arif Rohman, Rohman, Kebijakan Pendidikan; Analisis Dinamika Fermulasi dan Implementasi (Yogyakarta: LKiS, 2012)

Azyumardi Azra, Pendidikan Islam Tradisi dan modernisasi Menuju Millenium Baru, Ciputat

Fred Luthan, Organization Behavior (New York: Mc-Graw Hill Book Company, 1981) Gary Yukl, An Evaluation of Conceptual Weakness in Transformational and Charismatic

Leadership (Journal of Leadership Quarterly, 1999)

Husein M. Haikal, Sejarah Hidup Muhammad SAW (Jakarta: PT. Yudhistira, 1989) Jack W. Duncan, Organization Behavior (Boston: Houghton Mifflin Company, 1981)

Maksum, Madrasah, Sejarah dan Perkembangannya, (Jakarta, Logos Wacana Ilmu, 1999)

Maulidin, Ilham. 2010, makalah: Pendidikan Islam Masa Kerajaan Demak dan Mataram,

Yogyakarta.

Max Weber, Economy and Society (London: University of California Press, 1978)

Miskiah, Model Pendidikan Karakter Pada Madrasah Ibtidaiyah, dalam Jurnal Pembangunan Pendidikan : Fondasi dan Aplikasi Balai Diklat Kelembagaan Palembang, Vol.6 No. 1, 2018

NI Putu Depi Yulia Pramesti, dkk, Kepemimpinan Ideal Pada Era Generasi Milenial, dalam TRANSFORMASI : Jurnal Manajemen Kepemimpinan, Vol.10 No.1, 2018

P. C. Nystrom, & Starbuck, W. H., "To Avoid Organizational Crises, Unlean. Organizational Dynamics (Spring, 1984)

Sondang P. Siagian, Filsafat Administrasi (Jakarta: Gunung Agung, 1997) Stephen P. Robbins, Organizational Behavior (Mexico: Prentice Hall, 2003) Sudjoko Prasodjo, Profil Pesantren, Monograf (Jakarta, LP3ES, 1975)

Suryati Sidharto, Pembaharuan Pendidikan dan Latar Belakangnya, dalam Dirto Hadisusanto, Pengantar Ilmu Pendidikan (Yogyakarta: FIP IKIP Yogyakarta, 1995)

Suwendi, Sejarah dan Pemikiran Pendidikan Islam, (PT. Raja Grafindo Persada, Jakarta)

U. Saefullah, Manajemen Pendidikan Islam (Bandung: CV Pustaka Setia, 2012)




DOI: https://doi.org/10.51849/ig.v3i1.98

Refbacks

  • There are currently no refbacks.