Hubungan Antara Komitmen Organisasi Dengan Perilaku Inovatif Pada Guru

Lisnaini Ramadhani, Babby Hasmayni, Khairuddin Khairuddin

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara komitmen organisasi dengan perilaku inovatif pada guru di SMK Musda Perbungan. Sampel dalam penelitian ini adalah 41 orang, yang merupakan Guru. Hal ini sejalan dengan landasan teori yang ada maka hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini yaitu ada hubungan positif antara komitmen organisasi dengan perilaku inovatif pada Guru. Dengan asumsi semakin tinggi komitmen organisasi, maka semakin tinggi perilaku inovatif, dan sebaliknya semakin rendah komitmen organisasi maka semakin rendah perilaku inovatif. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain penelitian korelasional. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan skala Likert. Penelitian ini menggunakan skala komitmen organisasi dengan skala perilaku inovatif. Teknik pengambilan data sampel menggunakan Total Sampling. Berdasarkan koefisien determinan (r2) dari hubungan variabel X dan variabel Y sebesar r2 = 0,891, ini menunjukkan bahwa komitmen organisasi berkontribusi terhadap perilaku inovatif sebesar 89,1%. Hal ini menunjukkan bahwa hubungan antara komitmen organisasi dengan perilaku inovatif sangat kuat. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis Pearson Product Moment. Berdasarkan analisis data yang dilakukan, maka diperoleh hasil bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara komitmen organisasi dengan perilaku inovatif. Hal ini ditunjukkan koefisien rxy = 0,944 dengan p = 0,000 < 0,050 yang berarti hipotesis yang diajukan yaitu ada hubungan positif antara komitmen organisasi dengan perilaku inovatif dinyatakan diterima.


Keywords


Komitmen Organisasi, Perilaku Inovatif, Guru

Full Text:

PDF

References


Aditya & Ardana. (2016). Pengaruh Iklim Organisasi, Kepemimpinan Transformasional, Self Efficacy Terhadap Perilaku Kerja Inovatif. E-Jurnal Manajemen Unud. 5(3).

Arikunto, Suharsimi. (2013). Prosedur Penelitian, Edisi Revisi. Jakarta: Rineka Cipta.

Azwar, S. (2011). Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

¬¬________. (2012). Reliabilitas dan Validitas.Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

________. (2015). Reliabilitas dan Validitas.Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Bobo, Jose. (2017). Peningkatan Perilaku Inovatif melalui Komitmen Organisasi dan Kepuasan Kerja. (Skripsi) diterbitkan. Fakultas Ekonomi. Yogyakarta. Universitas Sanata Dharma.

Francisko. (2017). Hubungan Motivasi Kerja Dengan Komitmen Organisasi Karyawan Bagian Produksi Pada PT Smart Glove Indonesia - Medan. (Skripsi) tidak diterbitkan. Fakultas Psikologi. Medan. Universitas Medan Area.

Hadi, S. (2000). Metodologi Research. Yogyakarta: Fakultas Psikologi UGM.

Handayani, dkk. (2020). Hubungan Antara Komitmen Organisasi Dengan Perilaku Inovatif Pada Mahasiswa Universitas Negeri Surabaya. (Skripsi) diterbitkan. Fakultas Ilmu Pendidikan. Surabaya. Universitas Negeri Surabaya.

Hasmayni, B. (2020). The Difference Of Academic Procrastination Between Students Who Are Active And Not Active In Organization Students Activity Units In The Faculty Of Pschology, University Of Medan Area. Britain International Of Linguistics Arts And Education (BIoLAE) Journal, 2(1), 411-421.

Hasmayni, B. Relationship Between Service Quality And The Student’s Loyality In Using Railway Services Of Sribilah Medan In Indonesia.

Hasmayni, B. (2019). Prediction Of Junior High School National Examination Score On The Learning Achievement In High School Students In Medan. Proseding Seminar International. NICCT. In Proceedings Of The First Nommensen International Conference O Creativity & Technology, NICCT. Jilid (Vol.1, pp.2-19) .

Hasmayni, B., Siregar, F. H., & Aziz, A. (2019, December). Establishment Of Character Through Boarding School Education In Students In Pondok Pesantren. In 4th Annual International Seminar On Transformative Education And Educational Leadership (AISTEEL 2019) (pp.318-321).

Hasmayni, B. (2014). Hubungan Antara Kepercayaan Diri Dengan Penyesuaian Diri Remaja. Analitika: Jurnal Magister Psikologi UMA, 6(2), 98-104.

Hasmayni, B., & Lumbanbatu, J. S. (2019). Gambaran Lifestyle Pada Mahasiswa Fakultas Psikologi Pengguna Iphone Di Universitas Medan Area. Jurnal Teknologi Kesehatan Dan Ilmu Sosial (TEKESNOS), 1(1), 9-16.

Http://smkmusdabisa.blogspot.com/p/profil.html (diakses tanggal 12 november 2020)

Http://10209402.siap-sekolah.com/sekolah-profil/ (diakses tanggal 12 november 2020)

Https://referensi.data.kemdikbud.go.id/tabs.php?npsn=10209402 (diakses tanggal 12 november 2020)

Irma, Ade. 2019. Hubungan antara Kepuasan Kerja dengan Komitmen Organisasi pada Karyawan Outsourcing di PT Telkom Regional 1 Sumatera Medan. (Skripsi) tidak diterbitkan. Fakultas Psikologi. Medan. Universitas Medan Area.

Jafar, Muhammad. (2013). Pengaruh Efikasi Diri dan Kepemimpinan Pemberdaya terhadap Perilaku Inovatif Guru Sma Negeri 1 Bulukumba.(skripsi) diterbitkan. Yogyakarta. Universitas Gadja Mada.

Kasmadi & Sunarah, Nia Siti.(2013). Panduan Modern Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfabeta.

Kaswan. (2017). Psikologi Industri & Organisasi. Bandung: Alfabeta.

Musfah, Jejen. (2011). Peningkatan Kompetensi Guru Melalui Pelatihan & Sumber Belajar Teori & Praktik. Jakarta: Kencana.

Pradana, Gumas Oktavian & Izzati, Umi Anugerah. (2019). Hubungan antara Iklim Organisasi dengan Perilaku Inovatif pada guru SMK Swasta X di Surabaya. Jurnal Penelitian Psikologi, 6 (04).

Prayudhayanti, Bondan Ndaru. (2014). Peningkatan Perilaku Inovatif melalui Budaya Organisasi. Jurnal Ekobis, 15 (2): 19-31.

Priansa, Donni Juni. (2018). Perencanaan & Pengembangan SDM. Bandung: Alfabeta.

Reddiyannor, A. (2018). Pengaruh Motivasi Berprestasi Terhadap Perilaku Inovatif Pada Fotografer. (Skripsi) diterbitkan. Fakultas Psikologi. Malang. Universitas Muhammadiyah Malang.

Saragih, Heru Gunawan. (2019). Hubungan Antara Komitmen Organisasi Dengan Kesiapan Berubah Pada Karyawan Tetap Kantor Jne Cabang Medan. (Skripsi) tidak diterbitkan. Fakultas Psikologi. Medan. Universitas Medan Area.

Setiawan. (2018). Hubungan antara Komitmen Organisasi dan Perilaku Inovatif pada Karyawan Bank. (Skripsi) diterbitkan. Fakultas Psikologi dan Ilmu Sosial Budaya. Yogyakarta. Universitas Islam Indonesia.

Siregar, Syofian. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif. Jakarta: PT Fajar Interpratama Mandiri.

________. (2017). Metode penelitian kuantitatif: dilengkapi dengan perbandingan perhitungan manual dan SPSS. Jakarta: Kencana.

Sopiah.(2008). Perilaku Organisasional. Yogyakarta: Andi Offset.

Sugiyono.(2014). Metode Penelitian Administrasi. Bandung: CV. Alfabeta.

U, M. Shabir. (2015). Kedudukan Guru Sebagai Pendidik: (Tugas dan Tanggung Jawab, Hak dan Kewajiban, dan Kompetensi Guru). Jurnal Auladuna, 2 (2): 221-232.

Umam, Khaerul. (2018). Perilaku Organisasi. Bandung: Pustaka Setia.

West, M.A. (2000). Mengembangkan kreativitas dalam organisasi. edisi pertama. Kanisius : yogyakarta.

Wibawa, I Gusti Ngurah Agung Dicky & Astika, Ida Bagus Putra. (2018). Pengaruh Struktur Audit, Komitmen Organisasi, dan Gaya Kepemimpinan Transformasional pada Kinerja Auditor. E-Jurnal Akuntasi Universitas Udayana, 24 (3): 1658-1686.

Wijaya, Candra & Rifa`i, Muhammad.(2016). Dasar-Dasar Manajemen. Medan: Perdana Publishing.




DOI: https://doi.org/10.51849/sl.v3i1.131

Refbacks

  • There are currently no refbacks.