Efektivitas Group Positive Psychotherapy Untuk Meningkatkan Kesejahteraan Psikologis Pada Ibu Bali (Perawat) Yang Mengalami Konflik Kerja-Keluarga

Luh Putu Ratih Andhini, Ni Made Irene Novianti Astaningtias, Anak Agung Sagung Suari Dewi, Putu Debby Noviyanti Mantara Putri, Sagung Ratih Trisna Pratami Dewi, Ni Made Sintya Noviana Utami

Abstract


Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh group positive psychotherapy terhadap kesejahteraan psikologis pada perawat yang mengalami konflik kerja-keluarga. Metode penelitian menggunakan group pretest posttest desain yang hanya melibatkan satu kelompok saja yang diberikan perlakuan dan dilakukan dua kali pengukuran terhadap kelompok sebelum (pre-test) dan setelah (post-test) diberikan perlakuan. Populasi pada penelitian ini adalah para perawat di RS. Sampel penelitian diambil dengan cara purposive random, yaitu memenuhi karakteristik penelitian sebagai berikut: berjenis kelamin perempuan, berada dalam masa kerja aktif, telah menikah, memiliki anak minimal satu (berusia 0-16 tahun), berprofesi sebagai perawat, dan melakukan kegiatan menyama braya. Jumlah sampel berjumlah 30 orang. Skala pengukuran yang digunakan adalah skala work family conflict (WFC) diadaptasi dari Artiawati dengan reliabilitas 0.901, terdapat 12 item. Skala psychological well-being (PWB) diadaptasi dari Mufliha dengan reliabilitas 0.810, terdapat 30 item. Analisis data penelitian ini menggunakan uji wilcoxon dan uji paired sample t-test. Hasil didapatkan group positive psychotherapy efektif meningkatkan psychological well-being pada ibu Bali (Perawat), tetapi tidak efektif menurunkan konflik kerja-keluarga. Konflik kerja-keluarga dapat diturunkan dengan menggunakan manajemen stres.


Keywords


Group Positive Psychotherapy; Kesejahteraan Psikologi; Perawat; Konflik Kerja-Keluarga.

Full Text:

PDF

References


Agus Darmayoga IK. Perempuan dan budaya patriarki dalam tradisi, keagamaan di Bali (studi kasus posisi superordinat dan subordinat laki-laki dan perempuan). Danapati. 2021;1(2):139–52.

Andhini L, Utami N, Dewi A, Shantiyani I. Peran dukungan pasangan dan keyakinan diri mengelola konflik kerja-keluarga terhadap konflik kerja-keluarga selama work from home pada dosen wanita yang sudah menikah. Jurnal Psikologi Udayana. 2021;8(2):30–40.

Anggarwati PI, Thamrin WP. Work Family-Conflict Dan Psychological Well-Being Pada Ibu Bekerja. J Psikol. 2019;12(2):200–12.

Artiawati. Work family conflict in asian cultural context: the case of Indonesia, makalah dipresentasikan sebagai bagian dari simposium Project 3535 pada International Conference Society for Industrial and Organizational Psychology, Chicago, USA. In 2014.

Fadila D. Work family conflict dan psychological well-being pada PNS NAKES wanita yang melanjutkan pendidikan. Universitas Sriwijaya; 2020.

Fitria Y, Muhdi N. Hubungan antara konflik peran ganda dengan psychological well- being pada dokter perempuan berkeluarga yang menjalani program pendidikan Dokter Spesialis-1 di RSUD Dr. Soetomo Surabaya. J Psikiatri Surabaya. 2017;6(1).

Keputusan Menteri Kesehatan RI. Registrasi dan Praktik Perawat. Menteri Kesehatan Republik Indonesia. 2001.

Mufliha H. Validasi Ryff psychological well-being scale pada remaja di Kota Medan. Universitas Sumatera Utara; 2020.

Pamintaningtiyas ID, Soetjiningsih CH. Hubungan antara work family conflict dengan psychological well-being pada ibu yang bekerja sebagai perawat di Rumah Sakit Sumber Kasih Cirebon. J Psikol Konseling. 2020;16(1):581–9.

Potter, Perry. Fundamental Of Nursing: Consep, Proses and Practice Edisi 7. Vol. 3. Jakarta: EGC; 2010.

Prabowo A, Yuniardi MS. Pengaruh group positive psychotherapy terhadap psyhological well being mahasiswa. In: Konferensi Nasional Pain Management & Quality of Life. Fakultas Psikologi Universitas Yarsi; 2010.

Ryff C, Keyes C. The structure of psychological well-being revisited. Journal Pers Soc Psychol. 1995;69(4):719–27.

Ryff C. Happiness is everything, or is it? Exploration on the meaning of psychological well-being. Journal of Personality Social Psychology. 1989;57(6):1069–81.

Sari P. PN. Psychological well-being pada individu yang hidup sendiri. [Medan]: Universitas Sumatera Utara; 2017.

Takalapeta T, Benu J. Pelatihan Manajemen Stres Untuk Mengatasi Work Family Conflict Pada Guru. Journal of Health and Behavioral Science. 2019;1(1):34–46.

Wardiyah M. Group positive psychotherapy untuk meningkatkan kesejahteraan psikologis remaja. Psychol J Sci Pract. 2013;1(2).

Widyanto AM. Statistika terapan konsep dan aplikasi dalam penelitian bidang pendidikan psikologi dan ilmu sosial lainnya. Jakarta: PT Elex Media Komputindo; 2013.

Wisuda Putri NPT, Eko Prihatmoko RL. Gambaran Stres Kerja Yang Disebabkan Oleh Peran Ganda Serta Hubungan Antara Work-Family Conflict Dan Work-Family Balance Pada Ibu Bali Bekerja. Vol. 3, Suksma: Jurnal Psikologi Universitas Sanata Dharma. 2022. p. 21–45.




DOI: https://doi.org/10.51849/sl.v3i3.165

Refbacks

  • There are currently no refbacks.