Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Snowball Throwing Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pkn

Zunidar Zunidar

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Model Pembelajaran Snowball Throwing terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SD Negeri 101769 Tembung yang berjumlah 233 siswa. Penentuan sampel penelitian menggunakan teknik simple random sampling, berdasarkan teknik tersebut diperoleh kelas IV-A sebagai kelas eksperimen dan kelas IV-B sebagai kelas kontrol. Hasil penelitian ini diperoleh bahwa, hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn dengan menggunakan model pembelajaran konvensional yaitu memperoleh nilai rata-rata 69,41. Hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn dengan menggunakan model pembelajaran Kooperatif tipe Snowball Throwing yaitu memperoleh nilai rata-rata 75,42. Hasil uji Independent Sample T-test diperoleh nilai Sig.(2-tailed) sebesar 0,014 < α =0,05 yang yang berarti bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pada penggunaan model pembelajaran Kooperatif tipe Snowball Throwing terhadap hasil belajar PKn siswa kelas IV SD Negeri 101769 Tembung.


Keywords


Pembelajaran Kooperatif; Snowball Throwing; Hasil Belajar; Mata Pelajaran PKn

Full Text:

PDF

References


Fathurrohman, Muhammad. (2015). Model-model Pembelajaran Inovatif. Ar-ruzz Media: Yogyakarta.

Fatmala, Anti Siti., Mahendra, Hatma Heris., Pratama, Febri Fajar. (2023). Penerapan Model Snowball Throwing Untuk Meningkatkan Keaktifan Siswa Pada Pelajaran PPKn di Kelas VI SD. Jurnal Pacu Pendidikan Dasar Jurnal PGSD UNU NTB, 3 (1): 40

Hamdayana, Jumanta. (2014). Model dan Metode Pembelajaran Kreatif dan Berkarakter. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Isjoni. (2014). Cooperative Learning. Bandung: Alfabeta.

Kurnia, Intan (2013). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Snowball Throwing Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pkn. Journal of Elementary Education, 2 (2)

Miftahul Huda. (2015). Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran Isu-Isu Metodis dan Paradigmatis. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Noventari, W. (2020). Konsepsi Merdeka Belajar Dalam Sistem Among Menurut Pandangan Ki Hajar Dewantara. PKn Progresif. Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Kewarganegaraan, 15 (1)

Shoimin, A. (2014). Model Pembelajaran Inovatif Dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-ruzz Media.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D, Bandung: CV Alfabeta

Sunari. (2020), Meningkatkan Hasil Belajar Tematik Subtema Rukun dalam Perbedaan Menggunakan Model Kooperatif Tipe Mind Mapping pada Peserta Didik Kelas VI UPT SD Negeri 231 Rampoang Kecamatan Tanalili Kabupaten Luwu Utara. Didaktika, 9 (1).

Suprijono, Agus. (2015). Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Susanto, Ahmad. (2013). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenadamedia Group

Suyono, Hariyanto. (2014). Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Thobroni, M. (2015). Belajar & Pembelajaran Teori dan Praktik. Yogyakarta: Ar-Ruz Media.

Tri, Budi (2016). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Praktik Kelistrikan Otomotif Smk Di Kota Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Vokasi, 6 (1)

Winataputra, S. Udin, dkk. (2005). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Universitas Terbuka.

Yuliati, Erni. (2022), Snowball Throwing Untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar PPKn di Kelas IV MI Negeri 1 Yogyakarta. IJAR: Indonesian Journal of Action Researc, 1 (1)




DOI: https://doi.org/10.51849/sl.v3i3.193

Refbacks

  • There are currently no refbacks.