Efektivitas Media Sosial Facebook Terhadap Perilaku Sosial Remaja Di Gampong Alue Beurawe Langsa Kota

Hamidah Hanim

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh media sosial facebook terhadap perilaku remaja di Gampong Alue Beurawe Langsa Kota. Jenis penelitian ini deskriptif dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Sumber data dari penelitian ini yaitu remaja di Gampong Alue Beurawe Langsa Kota. Kemudian data dikumpulkan dengan melakukan survei menggunakan instrumen penelitian berupa observasi dan penyebaran kuesioner terhadap 66 responden. Teknik analis data menggunakan regresi linear sederhana bertujuan untuk melihat pengaruh. Hasil penelitian ini, pengaruh jejaring sosial facebook terhadap perilaku remaja di Gampong Alue Beurawe Langsa Kota menunjukkan bahwa pengaruh media sosial facebook berdasarkan variabel intensitas akses penting bagi responden. Pada umumnya remaja di Gampong Alue Beurawe Langsa Kota menggunakan media sosial facebook. Berdasarkan data analisis uji t, diketahui t hitung media sosial facebook 2,008 > 1,670 adalah signifikan pada taraf signifikasi 10% dengan demikian Ho ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan hasil uji statistik ini menunjukkan bahwa faktor menggunakan media sosial facebook berpengaruh secara signifikan terhadap perilaku sosial remaja.


Keywords


Media Sosial; Facebook; Perilaku Sosial Remaja.

Full Text:

PDF

References


Adhinya, Marisa. (2013), Pengaruh Jejaring Sosial Terhadap Remaja. dalam http://jurnalilmiahtp./2013/12/pengaruh-jejaringsosialterhadap-remaja_4257.html h.2 ( tgl akses 21 April 2019).

Medy, Pengaruh Perkembangan eknologi di Kalangan Remaja dalam http://www.kompasiana.com/medyj6/pengaruh-perkembangan-teknologi-di-kalangan-remaja, tgl akses 21 Mei 2022.

Ridwan, Adun Rusyana. Cara Mudah Belajar SPSS 17.0 dan Aplikasi Statistik Penelitian. ALFABETA: Bandung. 2011. Hal 102.

Yusuf, O, Pengguna internet Indonesia dalam http://tekno.kompas.com/read/2016/04/15/10210007/Hampir.Semua.Pengguna.Internet.In indonesia. Memakai. Facebook (diakses pada tanggal 21 Aprili 2022).




DOI: https://doi.org/10.51849/sl.v3i3.203

Refbacks

  • There are currently no refbacks.