Mutu Pelayanan Fisioterapi Dengan Tingkat Kepuasan Pasien Low Back Pain Spondylosis Lumbalis Di Poliklinik Fisioterapi Rumah Sakit Grandmed

Surya Syahputra Berampu, Jhon Roby Purba

Abstract


Pelayanan kesehatan akan dipersepsikan berkualitas oleh pasien jika penyampaiannya dirasakan melebihi harapan pengguna jasa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan dimensi mutu pelayanan kesehatan dengan kepuasan pasien rawat jalan di poli fisioterapi rumah sakit GrandMed. Penelitian ini menggunakan accidental sampling dengan desain cross sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pasien rawat jalan di poliklinik fisioterapi sebanyak 166 pasien per bulan, sampel 62 pasien diambil secara accidental sampling dan metode pengumpulan data menggunakan kuesioner. Analisis data bivariat menggunakan uji chi square dengan tingkat kepercayaan 95%, = 0,05. Berdasarkan hasil penelitian, ada hubungan dimensi fisik berwujud dengan dimensi kepuasan pasien (p value = 0,002), ada hubungan dimensi reliabilitas dengan dimensi kepuasan pasien (p value = 0,015), ada hubungan dimensi responsiveness dengan dimensi kepuasan pasien. kepuasan pasien (p value = 0,030), ada hubungan dimensi assurance dengan kepuasan pasien (p value = 0,007), ada hubungan dimensi empati dengan kepuasan pasien (p value = 0,086) dan hasil multivariat menunjukkan, dimensi assurance paling banyak dominan kualitas dalam kaitannya dengan kepuasan pasien (rasio prevalensi 10,543).

Keywords


Layanan Fisioterapi; Kepuasan Pasien; Poliklinik Fisioterapi Rumah Sakit GrandMed

Full Text:

PDF

References


Buchbinder, Sharon B. 2014. Manajemen Pelayanan Kesehatan. Jakarta: EGC

Efendi, R, D. A. 2013. Hubungan Mutu Pelayanan Kesehatan Dengan Kepuasan Pasien Rawat Jalan di Puskesmas Aeng Towa Kabupaten Takalar Tahun 2013.

Endarwati, K. 2012. Penentuan Tarif Jasa Rawat Inap Dengan Metode Activity Based Costing untuk Meningkatkan Mutu Pelayanan Kesehatan Pada Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Yogyakarta. Tesis Ilmiah Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Hajarudin. 2014. Hubungan Antara Komunikasi Terapeutik Perawat Dengan Tingkat Kepuasan Pasien Di Puskesmas Pleret Bantul Yogyakarta. Skripsi tidak diterbitkan. Yogyakarta: Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

Hermastutik, K dan Ahmad, N. 2015. Hubungan Pelayanan Keperawatan Dengan Kepuasan Pasien Pengguna Kartu BPJS Kesehatan Di Puskesmas Mojowarno Kabupaten Jombang. STIKES Pemkab Jombang. Journal: FKM Universitas Hasanuddin Makasar, Hal 2.

Karo – karo, Tati Murni, 2015. Hubungan Caring Process dengan kepuasan Kerja Perawat dan Kepuasan Pasien Ruang Rawat Inap Rumah Sakit Grand Medistra Lubuk Pakam.

Kasjono H. S, Yasril. 2013. Teknik Sampling Untuk Penelitian Kesehatan. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Kemenkes RI, 2012, Peraturan Mentri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 65 Tahun 2012 Tentang Standar Pelayanan Fisioterapi.

Kisner. C. (2014). Therapeutic Exercise Foundation and Techniques. Sixth edition. Philadelphia: F.A Davis Company.

Kisner. C. (2014). Therapeutic Exercise Foundation and Techniques. Sixth edition. Philadelphia: F.A Davis Company.

Lisnawaty, Jusriani dan Junaid. 2016. Hubungan Mutu Pelayanan Kesehatan Dengan Kepuasan Pasien Rawat Jalan Puskesmas Puriala Kecamatn Puriala Kabupaten Konawe. Fakultas Kesehatan Kasyarakat Universitas Halu Oleo.

Nizmayanun at al. 2014. Hubungan Kualitas Pelayanan Kesehatan Dengan Kepuasan Pasien Rawat Jalan Di Puskesmas Lembasada Kabupaten Donggala. Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan Universitas Tadulako.

Nursalam. 2014. Manajemen Keperawatan; Aplikasi dalam Praktek Keperawatan Profesional. Edisi 4. Jakarta: Salemba Medika.

Permenkes RI, 2015. Peraturan Mentri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 65 Tahun 2015 Tentang Standar Pelayanan Fisioterapi.

Pohan, Imbalo S. 2016. Jaminan Mutu Layanan Kesehatan: Dasar – Dasar Pengertian dan Penerapan. Jakarta: EGC

SIRSUP. H. Adam Malik Medan. 2015. Kunjungan Pasien Nyeri Punggung Bawah.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung; Alfabeta.

Sujana, I Gede. 2015. Pemakaian Lumbar Korset pada Intervensi Microwave Diathermy, Transcutaneous Electrical Stimulation, Ultrasound Mengurangi Nyeri Spondylosis Lumbalis.




DOI: https://doi.org/10.51849/sl.v1i3.44

Refbacks

  • There are currently no refbacks.