Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Dengan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik (PMR) Di SMA N.1 Silima Pungga-Pungga

Yolanda S.M. Tarigan, Pargaulan Siagian

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menghasilkan produk lembar kerja peserta didik (LKPD) dengan pendekatan pendidikan matematika realistik (PMR). Penelitian ini menggunakan model penelitian dan pengembangan atau R&D (Research and Development). Subjek penelitian adalah 35 orang peserta didik kelas X MIA SMA N.1 Silima Pungga-Pungga. Hasil dari analisis penelitian ini, diperoleh: (1) LKPD yang dikembangkan memenuhi kriteria valid dengan rata-rata skor validasi ahli materi yaitu 94,1% dan skor rata-rata validasi ahli pembelajaran adalah 90,6%. (2) LKPD yang dikembangkan memenuhi kriteria praktis karena hasil angket respon peserta didik menunjukkan bahwa LKPD yang dikembangkan pada kriteria baik dengan respon ya  sebesar 98,3%. (3) LKPD yang dikembangkan memenuhi kriteria efektif berdasarkan aspek keefektifan dengan rata-rata skor 80,7 yang telah mencapai ketuntasan belajar ≥ 75 dan tuntas belajar secara klasikal karena 80% atau lebih peserta didik tuntas belajar secara individu.

Full Text:

PDF

References


Hadi, Sutarto. (2017). Pendidikan Matematika Realistik. Jakarta: Rajawali Pers.

Hamalik, Oemar. (2004). Proses Belajar Mengajar Bumi Aksara. Jakarta: Bumi Aksara.

Prastowo, A. (2015). Pengembangan Bahan Ajar Tematik. Jakarta: Kencana Predana Group.

Rahman, Silvi Anggriani dan Hasratudin. (2020). Analisis Pengembangan LKPD Berbasis Pendekatan Matematika Realistik untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa 2020.

Sari, Wiwin Rita. (2016). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Bangun Ruang di SMP dengan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 9(1), 109-121.

Soviawati. (2011). Pendekatan Matematika Realistik (PMR) untuk meningkatkan Kemampuan Berfikir Siswa di Tingkat Sekolah Dasar. Edisi Khusus 2, ISSN 1412-565X.

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Wati, T., Zulkardi, dan Susanti, E. (2015). Pengembangan Bahan Ajar PMRI Topik Literasi Finansial pada Aritmatika Sosial Kelas VII. Jurnal Pendidikan Matematika, 9(1), 22-34.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.