Evaluasi Peran Kepemimpinan Terhadap Kinerja Petugas Palang Merah Indonesia Dalam Tanggap Darurat Bencana Di Provinsi Sumatera Utara

Farid Hidayat Siregar, Mappeaty Nyorong, Nuraini Nuraini

Abstract


Penanggulangan bencana adalah segala upaya dan kegiatan yang dilakukan, yang meliputi pencegahan, penjinakan (mitigasi), penyelamatan, rehabilitasi, dan rekonstruksi, baik sebelum maupun sesudah bencana terjadi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi peran kepemimpinan terhadap kinerja petugas Palang Merah Indonesia di Provinsi Sumatera Utara dalam tanggap darurat bencana. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain cross sectional study yang dilaksanakan di kantor Palang Merah Indonesia (PMI) wilayah Sumatera Utara, yang berlangsung dari bulan Maret sampai April 2021. Populasi penelitian ini terdiri dari 36 pengurus PMI di Sumatera Utara. Propinsi. Data survei dianalisis menggunakan uji Chi Square dan regresi logistik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh peran katalisator dalam penyelenggaraan kesiapsiagaan terhadap kinerja petugas PMI dalam tanggap darurat bencana di Sumatera Utara (p = 0,010), ada pengaruh peran fasilitator dalam penyelenggaraan kesiapsiagaan pada kinerja petugas PMI dalam tanggap darurat bencana di Sumatera Utara dengan nilai (p). = 0,042), ada pengaruh peran penghubung sumber dalam penyelenggaraan kesiapsiagaan terhadap kinerja petugas PMI tanggap darurat bencana di Sumatera Utara (p = 0,010)


Keywords


Peran; Kepemimpinan; Kinerja

Full Text:

PDF

References


Arifianti, Yukni. Buku mengenal tanah longsor Sebagai media pembelajaran bencana sejak dini. Bulletin Vulkanologi dan Bencana Geologi, 2011, 6.3: 17-24.

Barri, Adhitya. 2009. Muhammadiyah dan Kesiapsiagaan Bencana. Bandung. Risalah MDMC

BNBP. Buku Saku Tanggap Tangkas Tangguh Menghadapi Bencana. BadanNasional Penanggulangan Bencana; 2017.

Departemen Sosial, R. I. Pola dasar pembangunan bidang kesejahteraan sosial. 1984

Matondang, Zulkifli. Validitas dan reliabilitas suatu instrumen penelitian. Jurnal Tabularasa; 2009, 6.1: 87-97.

Notoatmodjo S. Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta; 2017.

Ristrini, dkk (2012) dengan judul penelitian “Analisis Implementasi Kebijakan Kesiapsiagaan Penanggulangan Bencana Bidang Kesehatan Di Provinsi Sumatera Barat”

Sofiansah, Tofan. Sistem informasi donor darah di Unit Donor Darah Palang Merah Indonesia Kota Bandung berbasis web. 2013

Wille, Klaas, et al. Validation and application of an LC-MS/MS method for the simultaneous quantification of 13 pharmaceuticals in seawater. Analytical and Bioanalytical Chemistry, 2010, 397.5: 1797-1808.




DOI: https://doi.org/10.51849/sl.v2i3.112

Refbacks

  • There are currently no refbacks.