Pengaruh Pola Asuh Permisif (Menggunakan Gadget) Terhadap Kerusakan Mata Pada Masa Bayi

Farida Hanum Siregar, Annisa Fitri Mulyani, Isti Novia Ramadhani, Windy Mayang Sari

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pola asuh permisif terhadap penggunaan gawai terhadap kerusakan mata pada anak. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif kausalitas dengan menggunakan sampel 35 orang tua di wilayah Assam Geumbang atau menganalisis subjek penelitian. Sampling probabilistik digunakan dalam penelitian ini. Teknik pengambilan sampel secara acak, yaitu pengambilan sampel secara acak. Penelitian ini menggunakan kuesioner dengan skala Likert. Kuesioner disebarkan secara online menggunakan layanan Google Form. Karakteristik responden dalam penelitian ini meliputi jenis kelamin dan usia. Menurut data, jenis kelamin didominasi oleh total 22 perempuan (ibu). Sedangkan laki-laki (ayah) berjumlah 13 orang. Usia keseluruhan responden adalah 19-54 tahun. Analisis data menunjukkan bahwa pola asuh permisif (menggunakan gadget) berdampak pada kerusakan mata pada anak. Data penelitian menunjukkan bahwa variabel pola asuh permisif adalah koefisien Shapiro-Wilk = 0,955, signifikansi atau p = 0,164, dan variabel kerusakan mata pada anak adalah Shapiro-Wilk = 0,671 dan signifikansi atau p = <,001

Keywords


Pola Asuh Permisif; Gadget; Kerusakan Mata.

Full Text:

PDF

References


Anggraini, E. (2019). Mengatasi Kecanduan Gadget Pada Anak. Serayu publishing.

Ayun, Q. (2017). Pola asuh orang tua dan metode pengasuhan dalam membentuk kepribadian anak. ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal, 5(1), 102-122.

Pravitasari, T. (2012). Pengaruh persepsi pola asuh permisif orang tua terhadap perilaku membolos. Educational Psychology Journal, 1(1).

Sunita, I., & Mayasari, E. (2018). Pengawasan orangtua terhadap dampak penggunaan gadget pada anak. Jurnal Endurance: Kajian Ilmiah Problema Kesehatan, 3(3), 510-514.




DOI: https://doi.org/10.51849/sl.v1i3.46

Refbacks

  • There are currently no refbacks.