Perbedaan Perkembangan Bahasa Ditinjau Dari Status Sosial Ekonomi Orang Tua Pada Anak TK

Maylan Diah Anggraini, Anna Wati Dewi Purba

Abstract


Artikel atau tulisan ini bertujuan untuk melihat perbedaan perkembangan bahasa ditinjau dari status social ekonomi orang tua pada anak TK di TK Aisyiyah Bustanul Athfal 11 Medan. Metode pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi untuk status sosial ekonomi orang tua dan menggunakan metode bercerita dimana anak akan diberi gambar yang didapat dari sekolah yang mengacu pada aspek-aspek perkembangan bahasa yaitu, sintaksis, morfologi dan fonem. Yang menjadi subjek dalam penelitian ini adalah anak TK Aisyiyah Bustanul Athfal 11 Medan yang berjumlah 50 siswa. Penelitian ini dianalisis secara kuantitatif. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik Mann Whitney U test, maka dapat diperoleh hasil sebagai berikut: tidak ada perbedaan yang signifikan perkembangan bahasa ditinjau dari status social ekonomi pada anak TK Aisyiyah Bustanul Athfal 11 Medan. Hal ini dibuktikan dengan melihat nilai koefisien Mann U = 278.000 dengan P = 0,508 > 0,05. Berdasarkan hasil penelitian ini, maka dapat dinyatakan bahwa tidak ada perbedaan perkembangan bahasa yang ditinjau dari status social ekonomi orang tua pada anak di TK ABA. Dari hasil penelitian ini, maka hipotesis yang diajukan dinyatakan ditolak.


Keywords


Perkembangan Bahasa; Status Sosial Ekonomi; Anak TK.

Full Text:

PDF

References


Baiti, N. (2020). Pola Asuh Dan Komunikasi Orang Tua Terhadap Perkembangan Bahasa Anak. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini,4(1). 42-50.

Bawono, Y. (2011). Mendongeng dan Penguasaan Perbendaharaan Kata Pada Anak Usia Taman Kanak-Kanak. Personifikasi.2(1).13-22.

Choiroh, A, D. (2019). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Perubahan Perilaku Anak Akibat Penggunaan Youtube (Studi Kasus TK AL Barokah Kecamatan Sumbersari). Undergraduate Thesis. Jember: Universitas Muhammadiyah Jember.

Hidayah, N., Prabowo, T., Najmuna, A. (2013) Pola Asuh Ibu Berhubungan Dengan Tingkat Perkembangan Bahasa Pada Anak Prasekolah Di TK Al Farabi Yogyakarta. Jurnal Ners dan Kebidanan Indonesia. 1(2).48-54

Hurlock, E.B. (2013). Perkembangan Anak, Jilid I. Jakarta: Erlangga.

Lestari, I. (2021). Perkembangan Bahasa Pada Anak Usia 3-4 Tahun. Jurnal Kualita Pendidikan. 2(2). 113-118

Mardhiyatunnisa. (2019). Peningkatan Bahasa Anak Usia Dini Melalui Media Gambar Di TK Assalam 2 Sukarame Bandar Lampung. Skripsi. Lampung: Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung

Miswar, F.M. (2015). Hubungan Antara Pola Asuh Orang Tua Dengan Perkembangan Bahasa dan Bicara Pada Balita Di Posyandu Gonilan Surakarta. Surakarta: Skripsi Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Rumini, S., Sundari, S. (2016). Perkembangan Anak dan Remaja. Jakarta: Rineka Cipta.

Sulistyorini, N. (2014). Kemampuan Berbahasa Indonesia Lisan Dan Tingkat Sosial Ekonomi Pada Masyarakat Sangkrah, Surakarta: Tinjauan Sosiolinguistik. Skripsi. Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta

Sumaryanti, L. (2017). Peran Lingkungan Terhadap Perkembangan Bahasa Anak. M U A D D I B. 7(1). 72-89

Supartini, Y. (2014). Buku Ajar Konsep Dasar Keperawatan Anak. Jakarta: EGC

Suyadi., Fia, A., Ayu, N, P., Awliyah, R, F. (2019). The Concept of Children’s Language Development in Elementary Schools/Madrasah Levels.Thesis. Yogyakarta: UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Tapalak, N.W.D.G. (2019). Pengaruh Status Sosial Ekonomi Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar Siswa di SMPN 3 Kepulauan Selayar. Skripsi. Makasar: Universitas Negeri Makasar.

Zakaria, P., Paulina, Y. (2020). Penguasaan Kosa Kata Bahasa Indonesia Anak Usia 4-6 Tahun Di TK Aisyiyah Bustanul Athfal Di Desa Kuturejo Kabupaten Kepahiang. Lateralisasi. Bengkulu: Universitas Muhammadiyah Bengkulu.




DOI: https://doi.org/10.51849/ig.v3i3.124

Refbacks

  • There are currently no refbacks.