Pengaruh Pola Asuh Otoriter Orang Tua Terhadap Kecerdasan Emosional Siswa-Siswi SMP Negeri 9 Binjai

Nikita Maulidiana, Istiana Istiana, Nini Sri Wahyuni

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh antara pola asuh otoriter dengan kecerdasan emosional pada siswa- siswa SMP Negeri 9 Binjai. Sampel penelitian ini adalah 64 orang siswa- siswi SMP Negeri 9 Binjai yang mendapatkan pola asuh otoriter berdasarkan hasil tes screening, adapun teknik yang digunakan untuk mendapatkan sample dengan teknik purposive sampling. Instrumen penelitian ini menggunakan skala pola asuh otoriter dan skala kecerdasan emosional. Teknik analisis data yang digunakan adalah korelasi product moment dari Karl Pearson. Hasil penelitian ini menunjukkan koefisien korelasi rxy = -0,648 dengan nilai signifikansi p = 0,000 berarti p < 0,05 artinya ada hubungan negatif antara pola asuh otoriter dengan kecerdasan emosional. Adapun sumbangan efektif dari pola asuh otoriter mempengaruhi kecerdasan emosional sebesar 42%. Berdasarkan perbandingan kedua nilai rata-rata (hipotetik dan empirik), maka dapat dinyatakan pola asuh otoriter tergolong sedang sebab nilai rata-rata hipotetik 100 dari nilai rata- rata empirik 106,41 dan kecerdasan emosional juga tergolong rendah sebab nilai rata- rata hipotetik 90 dari nilai rata-rata empirik 67,70.


Keywords


Pola Asuh Otoriter; Kecerdasan Emosional; Siswa.

Full Text:

PDF

References


Bahri, S. D. (2004). Pola Komunikasi Orang Tua & Anak Dalam Keluarga.Jakarta: PT.Rineka Cipta

Cahyani, N. A., Djuanda, D., & Sudin, A. (2017). Penerapan Metode Vaks (Visual, Auditory, Kinestethic, Sugestopedia) untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Pada Materi Memerankan Tokoh Drama. Jurnal Pena Ilmiah, 2(1),1571-1580.

Dariyo, A. (2004). Psikologi Perkembangan Dewasa Muda. Jakarta: Grasindo.

Djafri, N. (2016). Manajemen Kepemimpinan Kepala Sekolah (Pengetahuan Manajemen Efektivitas, Kemandirian Keunggulan Bersaing dan Kecerdasan Emosional). Yogyakarta: Deepublish.

Jahja, Y. (2011). Psikologi Perkembangan. Jakarta: Prenada Media.

Khairunnisa, A. (2015). Pengaruh Kemampuan Intelektual, Kecerdasan Emosional dan Kecerdasan Spiritual terhadap Kinerja Auditor Inspektorat Provinsi Riau. Jurnal Faculty of economics, 2(2), 1-15.

Mahmud, dkk. (2013). Pendidikan Agama Islam dalam Keluarga. Jakarta: Akademia

Martinez, I., Garcia, J. F., & Yubero, S. (2007). Parenting styles and adolescents self- esteem in Brazil. Psychological Reports, 100, 731-745.

Prasetyawati. (2017). Kesehatan Ibu Dan Anak (KIA) dalam millennium Development Goals. Yogyakarta: Nuha Medika.

Santrock, J. W. (2007). Perkembangan Anak (Edisi Kesebelas):Jilid 1. Jakarta: Erlangga

Santrock, J. W. (2011). Perkembangan Anak Edisi 7 Jilid 2. (Terjemahan: Sarah Genis B). Jakarta: Erlangga.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Yusuf, S. (2006). Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. Bandung: PT.Remaja Rosdakarya.




DOI: https://doi.org/10.51849/ig.v3i3.125

Refbacks

  • There are currently no refbacks.